10 Objek tempat Wisata Terpopuler di Bogor

Jadiwisata.com - Dari Jakarta, kita keatas menuju Bogor, dimana lokasi Bogor memang sangat strategis sehingga jika pada akhir pekan banyak warga Jakarta dan sekitarnya yang memilih untuk berkunjung seklian berlibur dan melepas penat ke berbagai tempat objek wisata terpopuler yang ada di Bogor. Bogor masih banyak tempat wisata alam yang masih asri dan alami dibanding Jakarta.



Ada beragam tempat wisata di Bogor yang dapat kita kunjungi. Mulai wisata alam, wisata kuliner, bahkan wisata edukasi, semuanya ada! Ingin tahu apa saja onjek tempat wisata di Bogor yang paling terkenal? Berikut ulasannya!

1. Kebun Raya Bogor



Kebun Raya Bogor adalah salah satu ikon kota Bogor yang bisa dijadikan tempat alternatif untuk liburan seru tapi hemat. Disini kita bukan hanya duduk-duduk santai ataupun jalan-jalan berkeliling saja, di sini kita juga dapat menambah wawasan belajar dan mengobservasi tanaman. Hal ini karena sampai saat ini sudah terdapat lebih dari 15 ribu jenis pohon dan tumbuhan yang hidup di Kebun Raya Bogor.



KRB juga dicap sebagai kebun botani paling tua di Asia, Kebun Raya Bogor memang sudah ada dan dikembangkan dari zaman kolonialisme. Tapi, jika pada mulanya kebun ini hanya berisi hanya sedikit berbagai jenis tumbuhan, sekarang sudah terdapat pula objek wisata lain yang tidak kalah cantiknya mengikuti indahnya tanaman yang beragam jenis. Misalnya area belakang kebun yang terdapat sebuah danau indah, Istana Bogor, jembatan gantung berwarna merah, hingga Museum Zoologi yang terletak bersebelahan dengan Kebun Raya Bogor. Disini pula terdapat hidangan kuliner yang siap memanjakan lidah anda.

2. Kampung Budaya Sindang Barang


Tempat ini pernah diceritakan dalam Babad Padjajaran serta pantun khas Bogor, ya! Sindang Barang menjadi salah satu tempat wisata budaya dan sejarah yang patut dikunjungi. Berdasarkan dari mulut ke mulut, lokasi ini sudah berdiri sejak abad ke-12M, lho!

Menurut sejarahnya, Sindang Barang adalah tempat tinggal (keraton) salah seorang istri dari Prabu Siliwangi. Dimana, Anda akan menemui banyak bangunan rumah yang masih asli, panggung pementasan yang juga sering menampilkan kesenian asli Sunda, tarian tradisional, sampai gambaran bagaimana kondisi kasepuhan Sunda di masa lampau. Pemandangan sekitarpun masih asri dan sejuk dipandang mata.

3. Taman Wisata Mekarsari

Kebun Raya Bogor merupakan kebun botani yang paling luas di Indonesia, kendati demikian Taman Wisata Mekarsari adalah taman buah terbesar di Indonesia. Setidaknya, ada sekitar 1.470 varietas tanaman buah dan 100 ribu pohon di atas lahan seluas 264 hektare ini.


Disini kita dapat memetik dan mencicip buah langsung dari pohonnya di Taman Wisata Mekarsari. Wajar saja, tempat wisata di Bogor yang satu ini memang mengutamakan konsep rekreasi, edukasi, reboisasi, dan konservasi. Selain kita dapat mencicipi buah langsung dari pohonnya, kita juga dapat berkeliling dengan kereta untuk melihat-lihat koleksi tanaman buah, menjajal wahana outbond, ataupun menikmati serunya paket family camp, permainan banana boat, angsa air, hingga floating donut!

4. Museum Pembela Tanah Air (PETA)

Alam yang terhampar luas menjadi salah satu tujuan utama dan terpopuler dalam kancah perwisataan Bogor, kendati demikian Bogor yang dikenal dengan wisata alamnya juga tak kalah miskin tentang wisata sejarahnya. Salah satunya, mengenai pembentukan Tentara Sukarela Pembela Tanah Air, atau yang kita kenal dengan sebutan PETA.

Walau awalnya didirikan dengan maksud membantu Jepang mengalahkan Sekutu, pada PETA-lah,tapi inilah cikal bakal ketentaraan Indonesia mulai terbentuk. Nah, seluruh kisah perjuangan tersebut pada akhirnya dikemas dan diabadikan melalui pembentukan Museum Pembela Tanah Air.

Tempat wisata di Bogor yang satu ini, memang diajak untuk menyaksikan suguhan tentang banyak kisah perjuangan PETA, bahkan ada juga artefak yang menjadi bukti peninggalan bersejarahnya. Tempat ini juga menjadi tempat penting untuk menambah wawasan PKN karena sangat berguna untuk menumbuhkembangkan nasionalisme masyarakat Indonesia, khususnya para generasi muda bangsa.

5. Situ Gede



Ingin jenis liburan santai, seru dan hemat? Yaps, inilah tempatnya, Danau Situ Gede!

Banyak kegiatan yang dilakukan masyarakat setempat, Situ Gede biasanya digunakan untuk memancing, berperahu, atau sekadar berjalan-jalan, dan berolahraga sore. Tapi, tidak ada salahnya bila Anda juga datang dan ikut menyegarkan pikiran (relaksasi) di tempat wisata di Bogor yang satu ini.


Letanya berada di tepi Hutan Dramaga yang merupakan hutan yang menjadi tempat penelitian milik Departemen Kehutanan RI, danau yang memiliki luas enam hektare ini dikelilingi oleh banyak jenis tanaman yang teduh. Di sisi lain, sangat menyenangkan jika Anda menyempatkan diri untuk melihat panorama keindahan danau dengan mengekslorasinya menggunakan perahu. Hal ini dapat dilakukan sembari memancing bersama orang terdekat keluarga maupun sahabat, tentu saja jal ini akan menjadikan pengalaman berkunjung ke Situ Gede menjadi lebih asyik dan berkesan.

6. Gunung Pancar



Gunung Pancar ya bukan gunung pacar hehe :D. Disini terdapat beragam jenis objek wisata yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke daerah Gunung Pancar. Tempat wisata di Bogor yang bernama Gunung Pancar inilah yang sering kali digunakan untuk rekreasi seperti camping, hiking, jogging, hingga berkuda ini memang cocok bagi Anda yang cinta dengan alam, dan tidak ingin jauh dari ibukota.


Gunung Pancar cocok bagi anda yang ingin hunting layaknya hutan Pinus di Yogyakarta, alternatif bagi anda yang tinggal di Jawa Barat dan sekitarnya seperti Jakarta yang mendambakan liburan ke hutan Pinus Yogyakarta.



Di area Gunung Pancar, kita dapat menikmati indahnya panorama alami hutan lindung yang penuh pepohonan pinus, ditambah sejumlah satwa liar yang  masih hidup bebas di area ini. Tak jauh dari sini, terdapat pula tempat menghangatkan dan merelaksasi tubuh anda yaitu Pemandian Air Panas Gunung Pancar yang airnya berasal dari mata air alami.

7. Jungle Land Adventure Theme Park & Sentul Paradise Park

Jungle Land Adventure Theme Park adalah tempat wisata terbaru dan terkini, walau demikian keberadaan tempat wisata di Bogor yang satu ini tidak kalah seru dan menarik dari tempat wisata lainnya.Setidaknya anda akan disuguhkan pemandangan alam dan rekreasi yang menyenangkan dikarenakan tempat wisata Bogor yang satu ini Memiliki luas area sekitar 35 hektare, dan akan disuguhkan sekitar 30 jenis wahana dan ragam atraksi menarik. Ditambah, keseluruhannya memang sudah dirancang dalam konsep unik khusus untuk rekreasi sehingga ramah untuk semua usia. Selain wahananya yang banyak, Jungle Land juga menyediakan juga banyak kafe dan restoran yang menyuguhkan banyak menu kuliner lezat.

Ingin ditambah wisata alam juga seperti yang disebutkan tadi? Oke, karena terletak tidak begitu jauh dari kawasan Sentul Paradise Park, Anda juga dapat menikmati sekaligus air terjun tinggi dengan ketinggian 75 meter dimana air terjun ini juga sering kali disebut dengan nama Air Terjun Bidadari. Air terjun ini memiliki sumber mata air dari mata air di Hutan Lindung Gunung Pancar. Ada hal yang menarik dibalik alaminya air terjun ini yaitu air terjun ini didesain sedemikian rupa sehingga air akan tertampung membentuk mirip dengan kolam renang.





8. Gunung Batu Jonggol


Pendaki Newbie adalah pemula yang harus tahu prinsip dasar mendaki dengan cara mendaki Gunung Batu Jonggol yang terkenal eksotis dan cocok untuk pemula.

Jangan takut. Apa pun latar belakangnya, Gunung Batu Jonggol bisa jadi alternatif tempat wisata di Bogor untuk pendaki pemula dan sekaligus menyalurkan kerinduan para pendaki pada gunung yang tingg.



Mengulas mengenai ketinggianya, gunung ini sekilas memang lebih mirip dengan bukit daripada gunung-gunung lain yang terdapat di Jawa Barat, semisal Gunung Gede ataupun Gunung Salak. tapi anda jangan rau akan keindahan gunung ini karena disinilah tempat para instagramer berfoto ria. Apalagi, Anda tidak perlu tenaga ekstra untuk menakhlukannyam, yaps kuhus untuk pemula.




9. Penangkaran Rusa Cariu

Dikenal juga dengan nama aslinya Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya. Walau begitu, dengan singkat masyarakat setempat mememanggilnya dengan Penangkaran Rusa Cariu, karena ini berlokasi di Cariu, Bogor.



Penangkaran rusa Cariu ini seluas lima hektare , terdapat banyak sekali jenis rusa, seperti misalnya Rusa Jawa dan Rusa Bawean. Uniknya lagi, Anda dapat berinteraksi langsung dengan mereka, misalnya memberi makan (feed) dengan ubi, rumput, atau wortel. Hal ini juga didukung dengan pemandangan indah dan menyegarkan mata layaknya Switzerland, tempat ini juga sering menjadi alternatif tempat wisata di Bogor saat berakhir pekan.

10. Air Panas Tirta Sanita



Letak yang berada di wilayah Ciseeng, tak heran kalau lebih umum orang menyebutnya dengan nama Pemandian Air Panas Ciseeng.Disinilah Anda bisa berendam air panas belerang untuk melepas lelah dan menjaga kesehatan. Selain itu, Pemandian Air Panas Ciseeng juga terdapat fasitilas dan wahana beragam seperti wahana permainan outbond, penginapan, hingga warung kuliner untuk memanjakan perut dan lidah Anda.



Nah, itulah 10 Objek tempat Wisata Terpopuler di Bogor yang direkomendasikan jadiwisata.com. Tempat wisata yang mana yang ingin kamu kunjungi? Share yuk!
0 Komentar untuk "10 Objek tempat Wisata Terpopuler di Bogor"

Back To Top