10 Objek Tempat Wisata di Jakarta Terpopuler

Jadiwisata.com - Kota yang terkenal ramai, terlampau sibuk, macet, banjir, padat, dan tidak nyaman. Sebagian besar gambaran kota ini mungkin juga ada di benak Anda. Sebab inilah, yang menjadi alasan wajar apabila warga Jakarta harus libur ke luar kota, seperti berlibur ke Bandung maupun Bogor terutama untuk merilekskan diri dari stress setiap hari baik dari sekolah, kantor ataupun semua pekerja jakarta.

layaknya dua sisi mata koin, anggapan Anda jelas tidak seutuhnya benar atau salah. Sebab, Jakarta juga punya banyak sekali infrastruktur yang modern, begitu halnya dalam perwisataan, Jakarta juga punya beragam tempat wisata Jakarta yang tidak kalah menarik. Anggapan ke Jakarta tidak melulu harus terkait dengan maraknya tempat perbelanjaan seperti mall yang di Jakarta. Walau, ada banyak sekali tempat wisata di Jakarta selain mall, seperti halnya wisata alam pantai Jakarta, tempat wisata bersejarah, tempat wisata museum, tempat wisata keluarha, tempat wisata kuliner, edukasi, hingga tempat nongkrong sekaligus memainkan gitar dengan melirik Chord Kunci Lagu Terbaru.Nah, berikut  ini adalah daftar list rekomendasi tempat wisata di Jakarta yang harus Anda kunjungi!

1. Monumen Nasional (Monas)

Yang Pertama adalah Monas (Monumen Nasional) Siapa sih warga Jakarta yang tidak kenal dengan Monas? Orang luar daerah saja banyak yang tau dengan Monumen Nasional Jakarta ini.


Awalnya, tugu peringatan dengan tinggi 132 M ini didirikan untuk mengenang tanda perjuangan rakyat Indonesia. Hingga bukan hanya sekedar kenangan saja tapi juga menjadi ikon(landmark), ikon kota Jakarta bahkan Indonesia yang satu ini memang populer akan lapisan emas murni pada “lidah api-nya”.

Monas dibuka untuk umum: buka setiap pukul 08.00 sampai 17.00, kecuali hari Senin minggu juga di akhir bulan.DIlanjutkan dengan wisata sejarah, Anda dapat mengunjungi bagian dasar tugu Monas, yakni Museum Sejarah Nasional Indonesia–untuk mengetahui sejarah panjang perjuangan Indonesia. Anda juga bisa menikmati panorama Jakarta dari ketinggian, dengan naik ke puncak Monas berketinggian 115 meter dengan menggunakan lift.

Lokasi : Jakarta
Jam Buka : 08.00 - 17.00

2. Museum Fatahillah


Sebagai status pusat kota dan pemerintahan, jangan heran kalau Jakarta “kaya” dengan ragam bangunan bersejarah. Nah, sekali-kali, Anda dapat mempelajari sejarah Jakarta dengan cara mengunjungi aneka macam museum di Jakarta.

Contohnya, Museum Nasional. Di sana, terdapat lebih dari 100 ribu benda-benda koleksi yang mencakup peninggalan arkeologis, keramik, benda zaman prasejarah, dan masih banyak lagi.  Dari Museum Nasional, jangan ragu untuk memasuki Museum Fatahillah yang terletak juga di kawasan Kota Tua Jakarta. Tempat wisata di Jakarta yang satu ini merupakan tempat terbaik untuk mengeksplorasi banyak hal terkait sejarah Kota Jakarta tak kalah dengan Museum Nasional.

Ada juga aneka museum lainnya, seperti halnya Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Museum Tekstil, Museum Taman Prasasti, dan masih banyak lagi.

3. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)


Indonesia adalah sebuah negara yang multikultural dengan ragam budaya unik dari Sabang hingga Merauke. Dimana terdapat dalamnya beragam kekayaan budaya, seni, adat, tradsi serta agama dan kepercayaan.Dengan demikian, untuk meningkatkan pengetahuan tentang multikultural Anda, yuk segera berkunjung ke wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII).



Tidak perlu jauh-jauh datang ke Sabang atau ke Merauke.Karena semua miniatur kebudayaannya, bisa langsung Anda lihat di TMII. Jangan heran, jika tempat wisata di Jakarta yang satu ini sangat pas dinikmati bersama keluarga dan orang terdekat serta berfoto ria (Narsis).

Selain menambah pengetahuan budaya melalui miniatur, di TMII juga punya beragam wahana menarik yang dapat Anda nikmati sekaligus. Wahana tersebut seperti kolam renang Snow Bay, Taman Among Puro, kereta gantung, juga aneka museum edukatif yang cocok untuk menambah pengetahuan (edukasi).

4. Kebun Binatang Ragunan


Dengan berkunjung ke kebun binatang kita akan mendapatkan pengalaman sekaligus betapa pentingnya mencintai fauna. Sebagai langkah awal, ayo berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan. terhitung dengan luas 147 hektare, Objek tempat wisata di Jakarta ini punya koleksi lebih dari dua ribu ekor satwa dan 50 ribu jenis  pepohonan.

Tiket masuknya juga  murah dan terjangkau. Dengan Rp 5 ribu rupiah, Anda sudah bisa mengajak keluarga berkeliling kebun, melihat satwa, hingga menaiki beragam wahana seperti kereta keliling, sepeda ganda, dan lain-lain.

KBR didirikan sekitar tahun 1864, Kebun Binatang Ragunan sendiri sudah berusia tua. Sekedar informasi, disarankan untuk tidak memberi makanan (feed) satwa yang ada di dalamnya, ya. karena, ini semua demi menjaga keselamatan hewan-hewan di dalamnya.

Biaya Masuk : Rp, 5000,-



5. Kepulauan Seribu


Letak sebelah utara Jakarta, ada beragam tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat singgah ke Kepulauan Seribu. Dengan gelar  “seribu”, pastinya jumlah gugusan pulaunya yang begitu banyak. Adapun yang populer diantara seribulainnya di Kepulauan Seribu adalah : Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Harapan, dan lain-lain.


Bersama keluarga atau teman-teman, anda dapat melakukan beragam aktivitas yang bisa dilakukan di Kepulauan Seribu. Ini termasuk diving, snorkeling, berkemah, banana boat, atau sekadar berjalan-jalan menikmati momen matahari terbenam dan tebit (sunset and sunrise). Sebagai tambahan, Anda pun tidak perlu khwatir tentang fasilitas yang ada di kepulauan seribu. Karena,di beberapa wilayah di Kepulauan Seribu sudah memiliki fasilitas dan akomodasi yang lengkap untuk memudahkan pengunjungnya.

6. Kota Tua Jakarta

Suasana Kota Tua Jakarta selalu ramai di akhir pekan. Karena, ketersediaan beragam spot foto(narsis) yang cantik bahkan mampu menjadikan background tampak lebih bagus di kegiatan selfie Anda. Bayangkan, ada banyak spot mulai dari deretan pertokoan, gedung, hingga rumah-rumah tua menghiasi seluruh area Kota Tua Jakarta yang tersusun seperti keadaan klasik dan unik. Dan juga, dengan keberadaan beragam atraksi dan kegiatan, seperti pameran seni, nobar (nonton bareng), pengamen unik, dan lain-lain.

Selain menampilkan keindahan di setiap sudutnya, Kota Tua Jakarta juga salah satu destinasi wisata sejarah terpopuler, khususnya bagi warga di Jakarta. Dengan keberadaan beragam museum yang tidak jauh satu sama lain, Anda dapat dengan mudah menyaksikan sekaligus mempelajari banyak pengetahuan sejarah (edukasi) tentang masa lampau.

Di tempat wisata di Jakarta yang satu ini terdapat juga terdapat banyak toko, restoran, maupun kafe jadul yang menghidangkan aneka kuliner khas yang tidak kalah nikmat dengan daerah lainya. Contohnya, Anda anda juga dapat mencicipi langsung masakan khas dengan singgah di Cafe Batavia dan Cafe Gazebo–atau juga membeli langsung di pedagang keliling beragam camilan, semisal kerak telor, gado-gado, hingga es potong.

7. Pecinan Glodok



Letak tak begitu jauh dari Kota Tua Jakarta, Anda dapat mengelilingi china town–atau pecinan Jakarta. Sederhananya, di sinilah warga keturunan Tionghoa bermukim dan beranak cucu.Sekedar informasi, Pecinan Glodok merupakan kawasan kota pecinan terbesar di Indoneisa. Juga, keberadaannya disebut-sebut sebagai salah satu penggerak roda perekonomi Jakarta dari dulu hingga kini.



Karena beberapa bangunan tampak dipertahankan utuh hingga kini, tak heran jika mengekslore kawasan Pecinan Glodok seakan “membawa” Anda kembali ke masa klasik. Diamana, Anda juga dapat singgah di beragam klenteng, bangunan vihara, membeli obat di toko lawas, sampai merasakan langsung kuliner khas Pecinaan Glodok. Bagi anda yang muslim, disarankan untuk selalu berhati-hati. Karena , banyak juga jenis makanan di sana tergolong nonhalal.



8. Setu Babakan


Beberapa tempat wisata di atas termasuk dalam label sejarah lampau penjajahan, nah saatnya kita mempelajari budaya masyarakat asli Jakarta dengan datang ke Kampung Betawi di Setu Babakan. Setu Babakan, sudah ditetapkan menjadi kawasan cagar budaya Jakarta, wow.



Bukan hanya keberadaan bangunan asli dari peninggalan budaya Betawi yang terdapat disini. Selain dari itu, Anda juga akan diajak mengenal dan menyaksikan budaya Betawi asli, dimulai dari cara untuk bercocok tanam, berdagang, hingga cara untuk membuat kerajinan dan makanan khas Betawi. Di Area ini juga terdapat danau besar yang menjadi sekaligus sarana rekreasi. Anda dapat menikmati keindahan danau ini.

9. Taman Wisata Alam Angke, Kapuk


Yuk Mantai! Menikmati panorama eksotis dari sisi lain jakarta di daerah Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Terdapat beragam aktivitas lain yang dapat kita lakukan disana bukan hanya sekedar datang untuk menikmati panoramanya tapi ada juga aktifitas Pantai Indah Kapup di Jakarta yang paling menarik ini, seperti halnya naik perahu, ataupun ikut dalam pelestarian lingkungan (konservasi) dengan cara menanam mangrove (bakau).



10. Taman Suropati


Walaupun luas tidak seluas tempat lainnya di sembilan tempat wisata Jakarta yang telah disebutkan di atas. Namun, Anda masih bisa mendatangi Taman Suropati, Menteng–untuk sekadar berolahraga atau justru melepas penat juga menikmati joging disini. Udara tergolong sejuk dan suasanapun asri dari beragam pepohonan rindang dijamin dapat merelaksasi dan menyegarkan pikiran. Disini juga banyak aktifitas yang dapat anda lakukan yang biasa digelar, semisal pertunjukan musik, latihan biola, kursus melukis, hingga pertemuan komunitas-komunitas yang ada di Jakarta.




Itulah rekomendasi 10 Objek Tempat Wisata di Jakarta Terpopuler. Tempat mana yang akan kamukunjungi? Share dan Komen ya!
0 Komentar untuk "10 Objek Tempat Wisata di Jakarta Terpopuler"

Back To Top