10 Lebih Tempat Wisata di Banyuwangi Eksotis

Banyuwangi adalah kawasan geografis yang indah dengan kontur dataranya dari rendah sampai tinggi, dari pantai sampai gunung. Banyuwangi adalah Kabupaten di Jawa Timur dekat dengan Bali dan Madura. Terlepas dari Bali, Banyuwangi juga memiliki alternatif wisata yang indah dan Eksotis.
Berikut adalah daftar tempat wisata di Kabupaten Banyuwangi.

  • Cagar Alam Baluran
  • Wisata Mangrove di Bedul
  • Kawah Ijen
  • Pantai Sukamade
  • Pantai Bama
  • Pantai Watu Dodol
  • Pantai Rajeg Wesi
  • Teluk Hijau
  • Pantai Pulau Merah
  • Pantai Plengkung
  • Agrowisata Kalibendo
  • Pemandian Tamansuruh
1.Cagar Alam Baluran



  
Cagar Alam Baluran terletak disebelah Utara kota Banyuwangi, tepatnya kurang lebih 35 KM. Cagar Alam Baluran adalah tempat eksotis layaknya di Afrika, sabana atau padang rumput indah terpapar begitu luas. Cagar Alam Baluran merupakan tempat konservasi hewan dan tumbuhan, disini anda bisa menikmati keeksotisanya melalui menara.

2. Wisata Mangrove di Bedul















Wisata bayou atau rawa di Indonesia, wisata mangrove Bedul. Disini anda akan menikmati rawa yang indah dan masih alami yang terhampar luas. kawasan ini masih masuk dalam kawasan taman Nasional Alas Purwo. Kawasan air payau nan hening ini terhampar dengan panjang 17 Kilometer.

3.Kawah Ijen 




  
Kawah Ijen merupakan kawah yang cantik terletak diantara perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo, Jawa Timur. Anda harus mempunyai fisik yang kuat untuk mendaki gunung untuk mencapai kwah ijen, tapi kelelahan anda akan terbayarkan dengan keindahan Kawah Ijen. Kawah Ijen berwarna hijau kebiruan, kadang kalau malam bisa menyala dalam gelap (Glow in the dark) 



4.Pantai Sukamade





Pantai Sukamade adalah salah satu sudut ekotis Banyuwangi dataran rendah, disini anda akan menemukan keeksotisan dari berbagai sudut. Selain pantainya yang masih alami, pantai Sukamade memiliki tempat untuk konservasi penyu, disini anda akan dapat melihat penyu yang hampir punah.

5.Pantai Bama

Pantai Bama adalah salah satu pantai yang memiliki terumbu karang yang indah. Pantai Bama dengan air yang begitu jernih dan dangkal dapat dijadikan tempat untuk berlibur anak-anak dan keluarga. Untuk mengakses kesini anda disarankan untuk mempersiapkan alas kaki yang tebal karena akses ke pantai Bama sangat terjal. Jalan menuju Pantai Bama melalui hutan tropis yang indah dan hutan mangrove didekat pantai Bama ini.

6.Pantai Watu Dodol



Pantai Watu Dodol dinamakan demikian karena disini terdapat banyak batu yang indah berjejer. Pantai Watu Dodol memiliki keunikan tesendiri, selain batunya yang indah anda akan menemukan spot air tawar disini, ya tidak seperti kebanyakan air laut lainnya yang terasa asin.Selain keunikan rasa airnya, disini terdapat patung penari Gandrung dan batu yang sangat besar/raksasa. Pantai Watu dodol berlokasi disebelah jalur pantura dan di perbatasan langsung dengan situbondo. 

7.Pantai Rajeg Wesi

Pantai Rajeg Wesi masih menjadi bagian dari Taman Nasional Meru Betiri. Pantai Rajeg Wesi dibatasi dengan bukit hijau yang indah. Pantai ini masih memliki pasir putih dan airnya bersih bening. Biasanya pantai dikawasan Banyuwangi memliki ombak yang sangat tinggi tapi disini anda akan menemukan ombak yang tenang, selain itu pantai ini tidak sepanas pantai lainnyakarena pantai ini berada dikawasan gunung. 

8.Teluk Hijau

Teluk Hijau atau green bay adalah kawasan yang masih termasuk dalam Taman Nasional Meru Betiri. Untuk menuju teluk Hijau kita bisa melalui jalan yang sama menuju pantai Sukamade. Disini terdapat air terjun yang dihiasi perbukitan dan tebing yang indah, lihatlah pantai sukamade dari tebing maka anda akan menemukan keindahan tersendiri dari pantai ini. Jika anda amati anda akan melihat sebuah pulau indah dengan batu yang berwarna kecokelatan.

9.Pantai Plengkung



Pantai Plengkung  adalah salah satu dari sekian banyak onjek wisata pantai di kabupaten Banyuwangi, disini adalah tempat yang tepat bagi anda yang ingin berolahraga selancar, disini terdapat banyak turis dari mancanegara karena Pantai Plengkung adalah objek peselancar dunia. Untuk menuju kesini anda dapat melewati Alas Purwo, disepanjang perjalanan ada banyak pohon jati.

10.Pantai Pulau Merah

Pulau merah merupakan objek wisata pantai yang ada di Banyuwangi, untuk lama waktu mengaksesnya dari pusat sekitar 3 jam. Disini terdapat pulau kecil nan eksotis yang berwarna pasir merah. Pantai ini sudah pernah menjadi ajang kompetisi peselancar Internasional yang digelar pada tahun 2013.

11.Agrowisata Kalibendo



Terlepas dari nuansa pantai di Banyuwangi, Agrowisata Kalibendo adalah tempat wisata kawasan perkebunan  teh , kopi, cengkeh, dan karet. Agrowisata Kalibendo terletak di Banyuwangi bagian barat 20 km dari pusat kota. Disini juga terdapat air terjun dan sungai yang indah.

12.pemandian Tamansuruh Banyuwangi


Pemandian ini terletak di desa Tamansuruh, letaknya berada di Banyuwangi bagian Barat dengan jarak dari pusat kota sejauh 10 km. Disini terdapat sungai dan air terjun yang masih bersih dan asri disertai dengan nuansa udara pegunungan yang indah dan khas.


0 Komentar untuk "10 Lebih Tempat Wisata di Banyuwangi Eksotis "

Back To Top